BAHAGIA ITU SEDERHANA

Bahagia itu Sederhana

Kalau kalian jatuh, kalian kalah, kalian itu bangkit bukan menyerah.  Bahagia itu diciptakan oleh diri sendiri bukan oleh orang lain. Kalian mau bahagia, ya nikmati proses yang ada, bukan mengeluh yang tiada guna.

Secara umum, kebahagiaan dapat diartikan sebagai perasaan puas dengan hidup. Sedangkan secara biologis, hal tersebut terkait dengan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam perasaan senang. Kita ga perlu punya rumah 10 lantai, 10 mobil, atau pun barang mewah lainnya. Bahagia itu ketika kamu bersyukur dengan takdir dan nikmat yang di dapat, maka pada saat itulah kebahagiaan akan hadir.

“Barangsiapa yang ingin menjadi orang paling kaya, maka lebih percayalah pada apa yang dimiliki Allah dari pada apa yang ada di tangannya,” (HR. Imam Hakim)

Kebahagiaan itu sebuah pilihan,  kalian mau bahagia atau sedih tergantung diri kalian masing-masing. Tergantung cara kita menyikapi keadaan situasi tersebut. Kamu ga bisa meminta seseorang untuk membuat kalian merasa bahagia. Karena seberusaha apapun orang lain untuk membuat diri kalian bahagia, kalau dalam diri kaliannya tidak mau bahagia ya semua akan sia-sia.

Syukuri takdir yang ada. Nikmati setiap proses yang terjadi dan berterima kasih lah pada diri kalian sendiri untuk mencapai kebahagiaan itu. Jangan dengarkan apa yang mereka katakan, jika itu membuat kalian merasa tidak bahagia. Jangan hidup untuk menjadi apa yang orang lain inginkan, tapi hiduplah untuk menjadi apa yang kita inginkan.

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (Q.S Al-Qashash [28]:77).

Dalam pandangan Islam, seseorang yang bahagia adalah seorang mukmin sholeh yang selalu taat akan menunaikan hak-hak Tuhannya dan memenuhi hak-hak akan makhluk lainnya dengan berpedoman kepada syariat, baik lahir maupun batin. Kebahagiaan adalah sebuah impian di mana semua orang ingin memilikinya.

Jangan terlalu sibuk mencari kebahagiaan dunia, sibuklah mencari kebahagiaan akhirat. Tak ada satupun kebahagiaan yang kekal di dunia ini, Kebahagiaan yang kekal hanya pada saat kita diakhirat nanti.

 

By : Djunnuraini 

Santri SMK Daarut Tauhiid Boarding School

Kelas X Akuntansi

 

? Informasi SMK DT :
http://wa.me/6285520700045
(Humas – SMK DT)

http://wa.me/62895413775658
(PJ Pendaftaran)

Klik untuk mengetahui

Instagram SMK DT

Tiktok SMK DT

Youtube SMK DT

Jurnal OSIS SMK DT

Instagram OSIS SMK DT

Youtube OSIS SMK DT

Add a Comment

Your email address will not be published.